Mengenal Widget pada WordPress

Mengenal Widget pada WordPress

Sebuah Widget WordPress adalah sebuah blok kecil berada pada area site bar maupun footerbar yang melakukan fungsi tertentu, juga dikenal sebagai daerah widget-ready pada halaman web kita. Yuk kita pelajari apakah Widget pada WordPress?

sitemap

Widget WordPress awalnya diciptakan untuk menyediakan cara sederhana dan mudah digunakan memberikan desain dan struktur pengendalian dari tema WordPress kepada pengguna. Widget dapat dengan mudah untuk di seret dan diletakkan (drag&drop) ke area widget tertentu. kita dapat menemukan daftar widget yang tersedia dan area widget dengan menuju ke menu Appearance » Widgets di dashboard WordPress kita.

Widget di WordPress memungkinkan kita untuk menambahkan konten dan fitur di daerah widgetized tema kita yang sebagian besar sidebar. Namun daerah-daerah widget-ready bisa di header, footer, sidebar, di bawah konten, dan pada dasarnya setiap area lain  dari tema kita. Area widget yang tersedia yang kita miliki dalam Theme kita akan bervariasi dari theme satu ke theme yang lain.

Sebagian besar theme WordPress mempunyai widget siap dan memiliki beberapa area widget. Namun ada juga theme yang TIDAK dilengkapi area widget. Jika kita tidak melihat area widget, maka itu berarti bahwa tema kita tidak mendukung widget.

Ada berbagai jenis widget. WordPress secara default dilengkapi dengan beberapa widget termasuk kategori, tag cloud, menu navigasi, kalender, pencarian, posting terbaru dll. Jika kita tarik widget posting terbaru di daerah widget, maka akan berisi daftar posting terbaru.

Widget sebagian besar adalah area mandiri dari kode yang melakukan fungsi tertentu. Plugin sering menambahkan widget sendiri untuk memberikan pengguna kontrol lebih besar atas tampilan dari fungsi Plugin (apa itu plugins?).