Bagaimana Membedakan Efektifitas dan Efisiensi

Mengatur waktu yang baik bergantung pada dua hal yaitu efektivitas dan efisiensi. Bagaimana Membedakan Efektifitas dan Efisiensi Keduanya sama-sama penting namun memiliki perbendaan yang hanya dapat dipahami oleh sedikit orang.

manajemen-waktu-01

Lakukan apa yang benar (efektivitas) dengan cara yang benar (efisiensi) untuk mendapatkan hasil terbaik dari waktu yang kita punya.

Efektifitas berarti menjadi produktif, mampu melakukan apa yang benar. Efektivitas berarti memilih apa yang harus dikerjakan  dan apa yang tidak harus dikerjakan. Efisiensi berarti bekerja secara efektif dengan sedikit usaha. Efisiensi berarti melakukan sesuatu dengan benar. Efisiensi berarti memilih cara melakukan sesuatu.

MAnajemen waktu yang baik berarti menghabiskan waktu semaksimal mungkin untuk melakukan apa yang benar dengan benar. Manajemen waktu meliputi efektivitas dan efisiensi yang tinggi. Mencari tau apa yang harus kita lakukan dan kemudian melakukannya dengan cara yang akan memberikan hasil terbaik. Memfokuskan usaha pada masalah efektivitas dan efisiensi akan membuat kita lebih produktif.

Orang sukses menetapkan tujuan kemudian mengukur waktu tempuh dalam mencapai tujuan tersebut. Sukses bukanlah perkara mendapatkan sesuatu tetapi sukses yang hakiki adalah perjalanan yang dipahami ukuran dan langkahnya sehingga hasil yang akan diperoleh hanya merupakan akibat dari pelaksanaan penyempurnaan action yang terukur tadi.