Belajar Internet Marketing Clickbait

Belajar Internet Marketing Clickbait
Belajar Internet Marketing Clickbait

Bagi pemula dan baru belajar internet marketing perlu belajar bagaimana memakai judul clickbait dalam mempromosikan artikel. Berapakah banyak media on-line yang saat ini memakai judul clickbait dalam mempromosikan artikelnya di sosial media? Sangat banyak. Saya tidak mau mengatakan apa nama medianya, anda bisa dengan gampang menemukannya di timeline Facebook anda lantaran karena sangat banyak.

Clickbait disini maksud saya yaitu memakai judul yang hiperbola, membelalakan mata, atau terkait dengan sex walau sebenarnya tak ada hubungannya sekalipun dengan content. Umumnya, kalimat yang dipakai juga tak jauh-jauh dari embel-embel umpamanya, “ASTAGA! ”, “HEBOH”, atau frasa yang peka.

Banyak juga yang terang-terangan mengajak calon pembacanya untuk mengklik artikel itu. Umumnya judul yang dipakai lebih kurang seperti “xyz click disini! ”. Dasarnya, judul itu cuma mengajak calon pembaca untuk mengklik artikel itu. Tak ada info yang dapat diperoleh dari cuma membaca judulnya saja.

Orang-orang Indonesia yang kurang rajin membaca
Mirisnya, coba kita lihat satu diantara artikel dengan judul clickbait itu, pembaca  memberi komentar berdasarkan info yang mereka bisa dari judul saja. Walau sebenarnya, saat artikel itu di baca, kita bisa temukan info yang bermanfaat serta sifatnya “solusi”. Sayang sekali artikel tersebut diberikan judul clickbait yang tidak mencerminkan konten artikel yang sesungguhnya.

Kondisi ini diperparah dengan orang-orang Indonesia yang mempunyai karakter kurang rajin membaca. Cuma lihat judul serta paragraf pertama saja, segera menuju ke kolom komentar. Contoh lain artikel misalnya berjudul Bill Gates Microsoft, perusahaan piranti lunak yang ia dirikan berbarengan Paul Allen. Ah, banyak pembaca yang tidak melihat artikulasi dari artikel yang dibuat lalu langsung buru-buru memberi komentar yang terkadang tidak nyambung.

Lihat hal semacam ini, saya sendiri terasa ada dua hal yang perlu dibenahi. Dari pihak media, baiknya memakai judul yang betul-betul bisa mewakilkan inti dari isi artikel. Jangan cuma mempunyai konteks yang kontroversial serta mengundang saja. Untuk pembaca, termasuk juga saya sendiri, yuk janganlah malas membaca. Luangkanlah saat dua hingga tiga menit untuk membaca serta memperoleh info yang bermanfaat.

Lantas, apakah clickbait yaitu hal yang salah? Untuk saya, ini yaitu hal yang wajar. Satu diantara kiat marketing untuk satu media untuk memperoleh semakin banyak pemakainya.