Cara Insert Media di Postingan Artikel WordPress

Artikel website tidak menarik jika hanya menampilkan teks saja, di wordpress kita bisa insert beberapa media seperti gambar, suara dan video. Yuk belajar cara insert media di postingan artikel wordpress.

Perhatikan Menu di sisi kiri wp-admin, klik menu Media maka akan tampil seperti dibawah ini :

menu media library 01

Perlu diperhatikan pada saat kita mengelola media library, jangan meletakan file asli sebuah media, usahakanlah melakkan edit terlebih dahulu media yang akan kita simpan dengan mengecilkan besar file nya dan diolah agar walaupun filenya kecil tetapi tetap tampil bagus. Untuk menyisipkan file media ke dalam artikel, kita dapat lakukan pada saat posting artikel.

menu media library 02

Media dapat berupa file suara seperti mp3, file gambar dengan format jpg dan png, dan file video. Untuk file Video disarankan tidak perlu menyimpan file video di media library karena akan menghabiskan space di hosting kita, sebaiknya upload saja file video tersebut di channel youtube milik kita sendiri lalu copy link share video dari channel youtube ke artikel wordpress.

Untuk media gambar ada beberapa pilihan setting pada saat sudah diletakan pada halaman artikel, perhatikan gambar dibawah ini :

setting media gambar pada artikel

Terdapat pilihan rata kiri dengan teks artikel akan berada di sisi kanan. Center, gambar akan berada ditengah-tengah artikel, rata kanan dengan teks artikel akan berada di sisi kiri, dan rata kiri tanpa ada teks artikel di sisi kanan hanya menampilkan gambar dan teks artikel akan berada pada sisi bawah gambar.