Cara Melakukan Riset Pasar di Internet

Bagaimanakah Cara Melakukan Riset Pasar di Internet? Melakukan bisnis di internet tidaklah sulit, tapi juga tidak mudah, ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelumnya. Salah satunya adalah melakukan riset pasar di internet. Dengan tujuan untuk mengetahui kondisi pasar di internet saat ini dan tentunya yang akan datang. Hal ini dilakukan agar keputusan-keputusan yang akan dilakukan dapat lebih tepat sasaran dan efisien.

riset-pasar

Riset pasar harus dilakukan secara periodik agar dapat terus bertahan dan bersaing di dunia usaha online ini. Riset pasar pastinya dilakukan di awal-awal usaha tetapi trend ke depan harus kita lihat secara jeli juga. Riset ini dapat dilakukan secara online dan juga offline. Akan lebih baik jika memadukan kedua hal tersebut, agar dapat saling melengkapi.

Riset Offline

Riset ini dilakukan dengan cara mengamati hal-hal yang ada disekitar kita, seperti toko-toko pesaing, gerai-gerai, distro, informasi dari televisi dan media cetak. Hasil riset offline ini digunakan untuk melengkapi riset online sehingga referensi yang dimiliki menjadi lebih jelas dan lengkap dalam membangun bisnis online. Dengan banyaknya referensi yang didapat maka semakin besar peluang yang bisa didapat sesuai dengan bisnis yang sedang berkembang saat ini.

Riset Online

Setelah dilakukan targeting dan mengumpulkan hasil riset offline, maka selanjutnya kita melengkapi dengan menentukan konten apa yang banyak dicari di internet. Dapat dilakukan dengan mencari kata kunci berupa nama produk , merek produk dan nama website. Yang utama harus dilakukan adalah kita mendapatkan kata kunci dari kategori yang banyak dicari di internet tetapi masih sedikit ditampilkan di internet.

Alat riset yang praktis dan banyak digunakan adalah google keyword planner.