Cara Membuat Artikel Baru di WordPress

Bagi para pemula, tentunya kegiatan yang akan dilakukan terlebih dahulu setelah websitenya siap adalah menulis artikel di website. Lalu bagaimana cara membuat artikel baru di wordpress ? Cara nya mudah saja seperti mengetik di aplikasi milik microsoft (MS Word), tetapi ada sedikit perbedaan, yuk kita simak apa saja yang harus dilakukan pada saat menulis artikel blog di website.

Menulis artikel paling asik kalau sesuai dengan passion kita, engga perlu banyak mikir tapi banyak nikmatnya, karena apa yang kita tulis sesuai dengan apa yang kita suka dan akan lebih fokus karena kita pastinya tau banyak mengenai hal yang akan ditulis.

Berikut ini langkah-langkah cara membuat artikel baru di WordPress :

Masuk ke wp-admin nya wordpress, lalu klik menu Post –> AddNew

cara-memposting-artikel-baru

Nah yang perlu kita pahami adalah, menulis di wordpress hampir mirim dengan menulis di ms.word hanya saja tampilannya menjadi lebih sederhana seperti di bawah ini :

baris-menu-posting-artikel-wordpress

  • Menu File, untuk membuat file baru dan mencetak.
  • Menu Edit, untuk membatalkan dan mengulangi instruksi, untuk cut copy dan paste teks, untuk melakukan pemilihan, dan untuk menemukan dan mengganti teks yang dicari.
  • Menu Insert, untuk memasukan link, video, spesiap karakter, garis horizontal, menambah media, menambahkan tanda read more, memberikan batasan halaman, menambah anchor dan memasukan tanggal dan waktu.
  • Menu View, untuk menampilkan karakter tersembunyi, menampilkan area pengetikan.
  • Menu Format, untuk membuat karakter menjadi tebal, mirin, digaris bawahi, dicoret, naik keatas dan kebawah dan untuk melakukan format letak, serta menghapus format.
  • Menu Tools untuk memperlihatkan pilihan proofread writing dan source code.

Menu-menu diatas dapat diperkaya dengan menambahkan plugin khusus namanya TinyMCE Advanced.

Baiklah setelah mengenal baris menu dalam post artikel selanjutnya kita menulis artikel, diawali dengan Title (Judul artikel). Judul artikel akan menjadi kata kunci yang akan diindex oleh google agar dapat dicari orang melalui mesin pencari (Web Browser). Oleh karenanya nanti kita harus belajar bagaimana melakukan riset kata kunci agar artikel kita dapat muncul di halaman pertama mesin pencari.

Oo iya mesin pencari yang populer saat ini adalah google.com, bing.com dan yahoo.com masing-masing mesin pencari ini akan melakukan index (membuat urutan tampilan) terhadap setiap artikel yang beredar di internet. Setiap metode pengurutan nya pun berbeda-beda antara search engine satu dengan yang lainnya. Yang penting perlu kita pahami bahwa di mesin pencari orang mengetikan kata-kata yang mereka butuhkan nah tugasnya mesin pencari adalah menampilka kata-kata yang sesuai dengan permintaan lalu di tampilkan di layar.

Mengenai isi nya, mesin pencari juga memperhatikan pada setiap paragraf, apakah mengandung kata kunci dan materi artikel nya merupakan artikel yang orisinil dan baru atau kopas dari tulisan yang ada di website lain.

Dalam isi artikel tentunya tidak akan lengkap jika tidak ditampilkan gambar dan video, nah untuk menyisipkan gambar klik tombol Add Media lalu pilih gambar yang ada pada Media Librari atau jika belum ada lakukan upload gambar yang ada pada komputer kita. Perlu diperhatikan besar gambar yang di upload sebaiknya jangan lebih dari 100 kb karena akan menyebabkan space website menjadi penuh dan loading website jadi lama.area-porting-artikel

Perhatikan di bagian paling bawah ada word count:… nah bagian ini akan menghitung jumlah kata yang kita ketik dalam sebuah artikel. Artikel yang baik jika jumlah katanya 100, 300, 500 kata.

Setelah selesai mengetik artikel, sekarang kita tentukan apakah artikel tersebut akan di upload saat itu juga, atau back date (dibuat mundur waktunya) atau dibuat untuk diposting besok harinya. Supaya bisa di jadwal kapan waktu posting nya perhatikan di sisi kanan atas layar pada kolom Publis.

publish-date-pada-posting-artikel

Secara default waktu publish nya adalah immediatly yaitu saat tekan tombol Publish maka saat itu juga dianggap sebagai waktu posting artikel. Jika ingin merubahnya silahkan klik di kolom Publish on……. seperti pada gambar di atas.

Selanjutnya kita pilih kategori artikel nya, lihat disisi kanan pada bagian Categories. Jika kategori artikel tidak ada atau belum pernah dibuat, klik Add New Category lalu ketik kategori baru yang akan digunakan.

Jika sudah selesai lalu klik tombol Publish, maka artikel akan di publish ke website kita.