Menambahkan Tab pada Postingan WordPress

Menambahkan Tab pada Postingan WordPress

cara menambah tab pada post atau page

Apabila kita ingin membuat postingan yang lebih menarik dan memiliki informasi yang berkelompok ada baiknya postingan itu menggunakan tab agar informasinya dapat dikelompokan.

Caranya silahkan ikuti petunjuk di bawah ini :

Buka WP-Admin, lalu klik Plugins, Add New. Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Tab Shotcode and Widget. Plugin ini bekerja sangat baik dan mudah, dan tidak ada pengaturan bagi untuk dikonfigurasi. kita Cukup membuat posting baru dan kita akan melihat tombol shortcode baru. Klik pada tombol tersebut dan kita akan melihat menu dari plugin tersebut.

cara menambah tab pada post atau page 02

Klik pada pilihan Layout tab di menu, dan akan memunculkan antarmuka Editor tab plugin.

cara menambah tab pada post atau page 03

Opsi pertama pada editor tab adalah memilih jumlah tab yang ingin ditampilkan. Selanjutnya, kita dapat memilih jenis tata letak. Plugin ini mendukung, tab horizontal dan vertikal. Setelah itu kita perlu menyediakan masing-masing judul tab, memilih ikon jika kita mengingikannya, dan kemudian menambahkan isi tab.

Ulangi proses untuk tab kita berikutnya. Opsi terakhir pada popup adalah untuk menambahkan kelas CSS kustom. Jika kita ingin mengubah tampilan tab, maka kita harus memasukkan kelas CSS di sini.

Selama seluruh proses, kita akan dapat melihat live preview tab di sisi kanan. Setelah kita selesai, klik tombol insert untuk menambahkan tab di posting WordPress kita.

Simpan dan preview posting kita dan kita akan melihat tab kita yang sudah kita buat.

cara menambah tab pada post atau page 04

Plugin ini juga menyediakan widget untuk menambahkan konten tab ke sidebar WordPress kita. Cukup masuk ke menu Appearance»Widget dan menambahkan OTW shortcode Widget ke sidebar.

Di daerah pengaturan widget, klik pada tombol add untuk menambahkan layout  tab. Ini akan memunculkan editor tab yang sama sperti yang sudah saya tunjukkan pada kita sebelumnya. Cukup membuat tab kita menggunakan antarmuka pengguna dan menambahkannya ke widget. Terakhir, klik tombol simpan untuk menyimpan pengaturan widget kita.

Sekarang kita dapat melihat website kita memiliki tab di widget. Semoga artikel diatas membantu kita dalam membuat konten tab di postingan, page maupun di widget.