Cash Flow adalah Hal Terpenting dalam Berbisnis

Cash itu ibarat boss besar dalam sebuah usaha atau bisnis karena itu bisa kita bilang cash flow adalah hal terpenting dalam berbisnis. Kebanyakan bisnis gagal karena kekeliruan dalam mengatur cash flow dari pada kekeliruan terhadap perhitungan keuntungan.

cash-flowCash Flow atau Aliran Kas seperti darah dalam kehidupan manusia yang membuat jantung usaha tetap terpompa, tanpa cash flow sebuah usaha bisa dikatakan tidak akan berfungsi alias mati.

Pengaturan aliran kas perusahaan (cash flow) melibatkan pembuatan forecasting / budgeting, collecting, distribusing, investing, financing dan planning. Sebuah perusahaan yang sedang berkembang membutuhkan uang kas dan penyerapan nya cukup signifikan di awal-awal ibarat sebuah sponse yang menyerap air.

Sebuah usaha dapat menghasilkan keuntungan dan uang berlimpah tetapi usaha tersebut juga terpaksa tutup jika kekurangan uang operasional (cash flow). Dan banyak sekali perusahaan yang mengabaikan pentingnya memahami putaran konversi dari aliran kas ini.

cash-flow-statement

Cash Conversion Cycle (Putaran Konversi Aliran Kas)

Rumus >>   Cash Conversion Cycle = DIO + DSO – DPO

DIO = Jumlah hari dari Inventory yg outstanding
DSO = Jumlah hari dari Sales yg outstanding
DPO = Jumlah Pembayaran yang outstanding

Pada umumnya DIO=60 hari , DSO = 50 hari  dan DPO = 30 hari

Jadi Cash Conversion Cycle = 80 hari

Rata-rata jika di dalam industri perusahaan Cash Conversion Cycle = 90 hari dapat dikatakan perusahaan tersebut memiliki kekuatan yang lebih baik dibandingkan perusahaan yang lain.