Gaya Kerja Seorang Blogger

Dari hasil rangkuman bahan bacaan baik media cetak dan online, saya membuat beberapa point yang menggambarkan bagaimana gaya kerja seorang blogger. Yuk kita simak :

gaya-kerja-seorang-bloggerTidak ada waktu libur bagi seorang Blogger

Seorang blogger yang professional tidak mengenal tanggal libur, karena waktu kerja nya bisa dibilang 24 jam. Lalu kapan libur nya? Inillah salah satu gaya kerja seorang blogger, waktu libur seorang blogger bisa kapan saja bahkan bisa setiap saat adalah liburan, misalkan bagi seorang blogger dengan segmen travel yang mengisi waktu nya untuk travel dan menghimpun informasi berguna untuk ditulis dalam blog.  Sehingga bagi blogger dengan segmen traveler, libur sudah menjadi pekerjaan. Mereka bisa jalan-jalan kemana saja sambil menulis dan bekerja untuk dirinya. Bahkan libur sesungguhnya bersama keluarga, bisa menjadi informasi yang berguna bagi artikel dalam blog.

Kegiatan seorang Blogger bukan hanya menulis

Menjadi blogger tidak harus setiap saat menulis. Kegiatan menulis hanyalah menuangkan proses akhir dari hasil pengumpulan informasi yang sebelumnya dilakukan. Seorang blogger professional memerlukan alokasi waktu untuk bertemu orang-orang, pitching, editing, menganalisis, mempromosikan, brainstorming atau melakukan hal-hal lain yang baik untuk blog. Gaya hidup seorang blogger dinikmati dengan suka cita, tidak seluruh waktu nya dihabiskan untuk menulis.

Seorang Blogger juga Menghadapi Tekanan

Sorang blogger professional biasanya memiliki fokus dan idialisme sendiri terhadap apa yang sedang dikerjakannya. Sehingga terbentuk standard yang tinggi demi mempertahankan kwalitas pekerjaanya. Prestasi seorang blogger adalah pada saat artikel-artikel yang dibuatnya memberikan manfaat dan ketertarikan bagi para pembacanya. Tetapi jika artikel yang dihasilkan kurang berhasil, terindikasi dengan rendahnya traffic maka bisa menjadi tekanan tersendiri bagi seorang blogger. Hal ini sering terjadi pada seorang blogger pemula yang belum menghasilkan dan mengharapkan penghasilan dari blog yang sedang dibuatnya, tapi mengingat gaya hidup seorang blogger yang sudah sukses, semua kesulitan tidaklah sebanding dengan kenikmatan nya semua itu hanyalah menjadi tantangan yang menarik dan menyenangkan.

Rutinitas Membaca dan Membalas Email

Salah satu gaya kerja seorang blogger blogger professional adalah akrab dengan email, setiap harinya pasti membaca email yang masuk dan melakuan respons yang diperlukan. Email merupakan alat yang efektif dalam pekerjaan seorang blogger, karena email menghubungkan komunikasi antara bloger dengan pembacanya, apalagi jika blog yang ditulis menghadirkan produk solusi bagi para pembacanya sehingga penawaran dan penjelasan lebih mendalam dapat dilakukan.

Seorang Blogger melakukan Blogwalking

Kegiatan sosial seorang blogger tidak jauh berbeda dengan yang kita lakukan sehari-hari yaitu berkomunikasi dan menjalin hubungan pertemanan dengan orang lain, para blogger saling berkunjung ke blog-blog yang ada, saling memberikan komentar terhadap informasi yang tersaji dalam blog dan saling memberikan link untuk berbagi informasi yang berguna. Membaca blog orang lain adalah gaya kerja seorang blogger karena bisa menjadi bahan inspirasi dan memperkaya ide artikel blog, terkadang wawasan dari pikiran orang lain seringkali memberikan tambahan pengetahuan dan pembelajaran.

Pekerjaan Sesuai dengan Hasrat Kesenangan Hidupnya (Passion)

Pilihan menjadi seorang blogger, pasti ada alasannya. Alasan yang paling ideal bagi seorang blogger adalah mereka melakukan pekerjaan membangun blog karena passion yang ada dalam jiwa mereka. Banyak blogger yang sukses dan kaya raya, dan mereka tidak mengejar obyek uang nya akan tetapi mereka justru sangat menikmati setiap menit proses pekerjaannya, itulah gaya kerja seorang blogger, soal kekayaan yang didapat sudah merupakan bonus dari kesenangan dalam pekerjaan yang mereka lakukan.

Blogger Professional Merupakan sebuah Karir

Menjadi blogger apalagi di Indonesia masih belum membanggakan bagi sebagian orang. Sehingga beberapa orang penasaran, bagaimana seorang blogger mendapatkan penghasilan. Inilah fenomena yang akan terjadi, diantara ratusan jenis karir yang ada di Indonesia. Seorang blogger memang tidak bergaya formal, bisa jadi seperti orang pengangguran, tetapi begitu aset blog yang dibangunnya tumbuh dan menghasilkan orang-orang akan melihat sedikit aneh karena melihat gaya hidup seorang blogger kaya raya tapi tetap senang menikmati waktunya. Itulah karir seorang blogger yang sukses, buat yang belum sukses, “make it happen”, banyak yang sudah sukses dan akan terus bertambah.

Seorang blogger Awalnya bekerja Sendiri

Sebuah Blog mencerminkan fikiran pembuatnya atau seorang blogger yang bekerja membangun blog tersebut. Walaupun dalam kesehariannya sering berkomunikasi dengan banyak orang, seorang blogger pada akhirnya harus bekerja menyusun konsep blogger nya sendiri, dan blog tersebut akan menggambarkan gaya menulis dan berkomunikasi seseorang. Pada saat blog tersebut sudah memiliki trafik pembaca yang ramai maka perluasan artikel perlu dilakukan agar blog bertambah kaya akan informasi, dan pada saat ini peluang menawarkan link affiliate atau link landing page produk akan lebih efektif. Inilah saat nya seorang blogger membutuhkan tim yang akan membantunya bekerja agar blog yang dibangunya dapat produktif dengan melayani pemesanan produk atau jasa yang ditawarkan dalam blog tersebut.

Seorang Blogger adalah Pembelajar

Belajar banyak hal dengan cepat, adalah salah satu kegiatan seorang blogger yang professional. Mengetahui hal-hal baru adalah belajar lebih dalam mengumpulkan detail suatu informasi, begitu tersimpulkan informasi tersebut dapat dibagikan dalam artikel blog. Tentunya ada urutan-urutan dalam melakukan hal ini. Pertama memang yang dibutuhkan adalah modal keingintahuan dulu, baru coba melihat mendengar dan mencatat, apabila ada yang perlu di koreksi dan disempurnakan maka modifikasilah dalam sebuah tulisan. Hasil pengalaman tersebut adalah sebuah informasi yang berguna bagi diri seorang blogger tentunya setelah merasakan atau mengetahui manfaatnya, informasi tersebut dibagikan dalam artikel blog. Sebuah pekerjaan yang mulia kan…inilah gaya kerja seorang blogger yang menyenangkan.

Pekerjaan Blogger sangat Kompetitif

Melihat perkembangan dunia internet saat ini, pekerjaan seorang blogger tidak bisa dibilang sembarangan, penuh dengan teknik dan nuansa. Tingkat persaingan sangat tidak terbatas, menyeluruh di seluruh dunia dimana ada internet.

Hal-hal negatif bisa saja berkembang dan menghadang, nah disinilah peran pikiran positif akan selalu diperlukan dan diimplementasikan agar kegembiraan tetap terjaga, lakukanlah hal-hal yang benar dan beretika. Jadilah murni menjadi seorang blogger yang memiliki gaya kerja seorang blogger professional. Sehingga blog terbangun dengan kegembiraan tentunya akan memberikan kegembiraan juga bagi pembacanya dan rezeki akan menghampiri. Jurus berkompetisi dalam blogging adalah berfikir positif, sampaikan dengan ketenangan dan sebarkan motivasi yang positif.