Inilah Makanan dan Minuman yang Bikin Kembung

Inilah Makanan dan Minuman yang Bikin Kembung

Kerap merasakan perut kembung usai makan? Biasanya kembung tidak serius, tetapi bisa membuat Anda tidak nyaman. Ada kemungkinan bahwa kembung bisa menjadi gejala dari masalah kesehatan sehingga jika sering terjadi, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter.

makanan-penyebab-kembung

Makanan yang mengandung gas dapat menyebabkan kembung. Berikut inilah 7 Makanan dan minuman Penyebab Kembung.

1.Kacang kering dan kacang yang tinggi serat disebut rafinosa, jikla dikonsumsi dengan jumlah yang besar dapat menyebabkan banyaknya terbentuk gas . Kacang-kacangan tinggi nutrisi sehingga mereka harus menjadi bagian dari diet yang sehat . Hindari kelebihan gas dengan memulai dengan porsi kecil dan perlahan-lahan membangun jumlah yang Anda makan .

2.Brokoli , kubis Brussel , kol , dan kale juga tinggi rafinosa sehingga dapat menyebabkan gas dan kembung . Namun jenis sayuran ini tinggi vitamin, mineral dan antioksidan sehingga baik untuk diet yang sehat . Sistem pencernaan Anda akan menyesuaikan dari waktu ke waktu sehingga mulai dengan porsi yang lebih keci. Mengukus sayuran sebelum dikonsumsi dapat membantu mengurangi kembung .

3.Minuman berkarbonasi , seperti minuman ringan dan bir dapat membuat Anda merasa kembung karena Anda dasarnya menelan udara. Selain minuman berkarbonasi,pPermen karet, makan atau minum terlalu cepat juga bisa menimbulkan kembung .

4.Makan makanan yang tinggi lemak juga dapat membuat Anda merasa kembung. Lemak memperlambat tingkat di mana perut Anda bermuara di usus kecil . atur porsi Anda ketika menkonsumsi makanan yang berlemak jangan berlebihan.

5.Makanan yang dimaniskan dengan gula alkohol, seperti sorbitol, mannitol, dan xylitol dapat menyebabkan Anda merasa kembung karena Anda tidak mencerna dengan baik di saluran pencernaan Anda.

6.Susu dan produk susu dapat menyebabkan dapat menimbulkan kembung. Jika anda terlalu sering menkonsumsi susu, disarankan untuk mengurangi takaran dan porsi. Jangan terlalu berlebihan.

7.Biji-bijian baik untuk Anda karena kaya serat dan nutrisi. Namun serat, bersama dengan pati , dapat membuat Anda merasa sedikit kembung jika Anda berlebihan menkonsumsinya. Kabar baiknya adalah bahwa sistem pencernaan Anda akan beradaptasi dengan serat ekstra dan gas dan kembung akan menurun dari waktu ke waktu .

Sumber : http://nutrition.about.com