Kapan Waktu yang Tepat untuk Posting Artikel Blog

Mungkin diantara para blogger khususnya pemula ada yang bertanya, kapan waktu yang tepat untuk posting artikel blog ?  Sebaiknya posting artikel baru dilakukan pada jam-jam yang orang sedang banyak membaca blog, kapan? kira-kira siang hari setelah jam makan siang, dan sore hari di jam-jam nya orang istirahat minum kopi, bisa juga dimalam hari pada saat orang-orang sudah pulang kerja dan santai di rumah.

waktu-terbaik-posting-artikel-web

Begitu malam hari, jumlah kunjungan (pageviews) di kisaran 10.000-20.000 bahkan lebih dari 20.000 pengunjung.  Menurut data Alexa per 27 Oktober 2016, Global Rank blog CB ini ada di urutan 54,464. Selain Statistik Pengunjung blog di Menu Stats Blogger, acuan terbaik mengetahui jumlah pembaca atau pengunjung blog lainnya adalah Google Analytic.

Sebuah studi yang dipublikasi Dash Burst mengatakan, ada untung-rugi saat posting blog saat jam-jam sibuk dan saat jam-jam tidak sibuk (malam, misalnya). Posting di high traffic hours (day time) bisa mengundang pengunjung dan komentar lebih banyak, namun kompetisi dengan posting blog lain lebih ketat!  Jika posting saat low activity times (night time), kita bisa mengharapkan kunjungan yang banyak pula, namun saat “off hours” jumlah pengunjung biasanya sedikit.

Ya walaupun sudah banyak studi dan data statistik yang dibuat, menulis blog sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, karena semakin kita menikmati menulis artikel maka makin berkembang juga wawasan kita dan inspirasi-inspirasi baru bisa saja muncul sewaktu-waktu. Terutama bagi penulis blog dengan passion nya sendiri, fleksible saja dalam melakukan posting artikel tidak usah ngoyo ngejar target, nanti malah pembaca blog nya pada kabur karena materi blog jadi tidak menarik dan kurang informatif.

Kecuali tema blog nya mengenai berita terkini seperti detik.com dan web berita, nah yang seperti ini sebaiknya postingan artikel tepat waktunya setelah kejadian yang diberitakan atau konten nya bisa dibilang basi.

Posting artikel juga bisa diatur waktu pencatatan posting nya, coba perhatikan di kolom kanan bagian Publish, Nah disitu ada kalender Publish on : …. kita bisa edit tanggal, bulan, dan tahun serta jam nya sekalian. Jadi jika mau membuat artikel tanggal, bulan, tahun sebelumnya bisa dilakukan. Bahkan jika kita ingin menjadwalkan untuk esok hari nya juga bisa. Ok selamat menikmati menulis blog nya sampai jumpa di artikel lain nya ya.