Lima Kategori Model Bisnis di Internet

Halo para Internet Markerter Indonesia… hari ini saya ingin mengulas mengenai model bisnis internet yang baru saya ketahui, yup nanti akan dikembangkan begitu bertambah lagi pengtahuannya. Inilah Lima Kategori Model Bisnis di Internet, yuk mari kita ulas satu-satu.

jenis-binsin-online

Menjual Produk Kita Sendiri.

Model bisnis ini adalah yang paling awal dan populer diketahui oleh umum khususnya bagi pengusaha atau pedagang konfensional yang masih berjualan di toko atau di pasar. Untuk pemasaran di internet produknya bisa lebih beragam bukan hanya produk-produk fisik tetapi bisa juga produk non fisik seperti Mp3, ringtone, software, e-book, membership dan masih banyak lagi produk lainnya.

Menjual Servis Kita Sendiri

Jenis produk ini sedang berkembang sekarang, umumnya yang akan kita jual adalah keahlian / keterampilan kita. Contohnya jasa membuatkan website, jasa menulis artikel, jasa membuat logo banner website, jasa menerjemahkan artikel, jasa membuat e-book, jasa mengelola iklan PPC dan masih banyak lagi.

Affiliate Marketing

Nah yang satu ini yang menurut saya paling asik dilakukan (buat saya lho…). Kegiatan Affiliate Marketing adalah mereferensikan produk atau jasa orang lain dengan kompensasi komisi untuk setiap transaksi penjualan yang terjadi atau istilahnya (Pay per Sale), bisa juga untuk setiap lead prospek yang terjadi (Pay per Lead), atau bisa juga untuk setiap klik yang dilakukan (Pay per Click). Melakukan pemasaran produk perusahaan MLM juga termasuk dalam kategori Affiliate Marketing.

Contextual Advertizing

Adalah kegiatan membuat sebuah website denga tema isi khusus yang menarik dan informatif sehingga dikunjungi oleh banyak visitor. Penghasilannya diperoleh dari iklan teks, banner atau video yang relevan dengan isi website. Misalnya website dengan tema olahraga, maka iklan yang muncul berkaitan dengan hal-hal seputar olahraga.

Site Flipping

Adalah kegiatan internet marketing yang melibatkan transaksi jual-beli website. Disini pengertian website adalah sebuat aset seperti property atau bangunan perumahan. Para pelaku bisnis ini membeli website atau membangun website yang nilainya masih rendah kemudian memolesnya sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.