Mengenal Menu Post pada WordPress

Halo, buat yang baru belajar wordpress, yuk kita Mengenal Menu Post pada WordPress. Untuk mengawali penulisan sebuah artikel di wordpress kita perlu masuk ke menu Posts. Caranya perhatikan di sisi kiri tampilan wp-admin (wordpress administrator) terdapat menu-menu, klik lah menu Posts, akan muncul menu All Post , Add New, Category dan Tags.

posts artikel 01

All Posts, untuk menampilkan semua artikel yang pernah kita posting di wordpress.

posts artikel 02

Add New, untuk membuat artikel baru di wordpress. Jika diklik akan membuka tampilan untuk memasukan artikel.

posts artikel 03

Nah disinilah kita akan memasukan materi informasi apa saja yang berguna untuk di bagikan lewat website wordpress kita, Komponen artikel bukah hanya teks tetapi bisa juga media gambar, suara bahkan video. Bagaimana caranya silahkan simak di halaman belajar insert media di postingan artikel wordpress.

Jika artikel nya sudah siap langkah selanjutnya adalah menyimpan dan mempublikasikan, caranya lihat kolom di sisi kanan bagian Publish, lalu klik Tombol Publish, penjelasan detail klik halaman setting publish artikel wordpress.

posts artikel 04

Categories, untuk mengelompokan topik artikel kedalam kategori-kategori. Untuk membuat kategori baru bisa pada saat melakukan posting artikel bisa juga dengan masuk ke menu Categories ini. Perhatikan gambar di bawah ini, kolom Name untuk memberi nama kategorinya, kolom slug untuk memberikan nama singkatan kategori, option box parent digunakan untuk meletakan tampilan kategori pada urutan kategori utama atau masuk ke bagian dari kategori lain. Dan kotak description adalah tempat memerikam keterangan penjelasan kategorinya.

posts artikel 05

Tags, digunakan untuk memberikan kaitan tema inti materi yang ada di konten artikel kita mengenai apa. Sehingga nantinya bisa kita lihat artikel-artikel dengan tema yang mirip dalam sebuah kelompok. Menambahkan tags juga dapat di lakukan pada saat posting artikel terdapat pada kolom Tags di sisi kanan.

Jika kita ingin secara spesifik masuk ke menu Tags, perhatikan menu Posts didalamnya terdapat pilihan Tags, silahkan diklik maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Disinilah tempat kita dapat merawat apa saja tags yang pernah dibuat dan di sini pula kita bisa edit tags yang ada.

posts artikel 06