12 November Merayakan Hari Ayah di Indonesia

hari-ayahHari Ayah yaitu hari untuk menghormati Ayah. Sesaat di Amerika, serta kian lebih 75 negara lain, seperti Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Turki, Pakistan, Malaysia, Singapura, Taiwan, Filipina, serta Hongkong dalam Hari Ayah atau Father’s Day (dalam bhs Inggris) dirayakan pada hari Minggu di minggu ke tiga bln. Juni, serta dirayakan nyaris di semua dunia yang diawali pada awal era ke-12. Merayakan Hari Ayah di Indonesia. Umumnya Hari Ayah dirayakan dengan pemberian hadiah pada Ayah serta aktivitas kekeluargaan. Terkecuali semuanya juga Ayah yaitu tulang punggung, sandaran, serta pelindung dalam satu rumah tangga. Di sebagian negara Eropa serta Timur Tengah, Hari Lelaki Internasional atau International Men’s Day (dalam bhs Inggris) diperingati tiap-tiap bln. 19 November.

Google turut merayakan Hari Ayah di Indonesia. Raksasa internet itu memajang satu doodle spesial di laman pencariannya pada hari ini, Sabtu (12/11/2016). Desain doodle hari ini menghadirkan gambar dua gunakan sepatu yang ditempatkan bersampingan. Di samping kiri, terlihat sepatu pantofel berwarna coklat punya sang Ayah. Sedang, di samping kanan, ada sepatu kets berwarna merah punya anak. Ke-2 sepatu itu digambarkan ada diatas satu alas kaki berwarna coklat bertuliskan ” Google “. Sepatu pantofel punya Ayah menutupi huruf ” o ” dari nama Google.

Tidak dapat dimungkiri kalau Hari Ayah memanglah tak sepopuler Hari Ibu yang jatuh tiap-tiap tanggal 22 Desember. Menurut laman Wikipedia, Hari Ayah baru dideklarasikan oleh pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono di Solo pada 12 November 2006. Uniknya, Hari Ayah di Indonesia digagas oleh beberapa kumpulan wanita yang tergabung dalam Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Berdasar pada laporan dari website resmi Pemerintah Kabupaten Sumenep, PPIP mengadakan deklarasi Hari Ayah Nasional di Pendapa Gede Balai Kota Solo yang di hadiri beberapa ratus orang dari beragam grup orang-orang lantaran PPIP di kenal sebagai komune komunikasi lintas agama.

Deklarasi sama juga di gelar ketika yang sama oleh sebagian anggota PPIP yang lain di Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur. Menurut Ketua PPIP, Gress Raja, ide dideklarasikannya Hari Ayah lantaran Ayah adalah sisi dari keluarga yang juga memegang fungsi begitu utama dalam pembentukan ciri-ciri keluarga.

Pasalnya, keterlibatan Ayah dalam tumbuh kembang anak memberi dampak positif yang penting. Hari Ayah di Indonesia sendiri tidak sama dari negara lain. Di Amerika Serikat dan kian lebih 75 negara lain, seperti Kanada, Jerman, Italia, Malaysia, serta Singapura, merayakan Hari Ayah pada hari Minggu di minggu ketiga bln. Juni.

Hari Ayah yaitu hari untuk menghormati Ayah. Sesaat di Amerika, serta kian lebih 75 negara lain, seperti Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Turki, Pakistan, Malaysia, Singapura, Taiwan, Filipina, serta Hongkong dalam Hari Ayah atau Father’s Day (dalam bhs Inggris) dirayakan pada hari Minggu di minggu ke tiga bln. Juni, serta dirayakan nyaris di semua dunia yang diawali pada awal era ke-12. Umumnya Hari Ayah dirayakan dengan pemberian hadiah pada Ayah serta aktivitas kekeluargaan. Terkecuali semuanya juga Ayah yaitu tulang punggung, sandaran, serta pelindung dalam satu rumah tangga. Di sebagian negara Eropa serta Timur Tengah, Hari Lelaki Internasional atau International Men’s Day (dalam bhs Inggris) diperingati tiap-tiap bln. 19 November.

Di Indonesia sendiri Hari Ayah dirayakan pada tanggal 12 November. Hari Ayah pertama kalinya dideklarasikan di Solo pada th. 2006, di saat pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono. 1