Perbedaan antara Pimpinan dengan Pemimpin

Tahukah Anda apakah perbedaan antara pimpinan dengan pemimpin?

Secara sederhana bisa dikatakan bahwa Boss adalah pimpinan, Sedangkan leader adalah pemimpin. Boss atau pimpinan atau atasan adalah bentuk dari kedudukan / jabatan struktural dalam sebuah organisasi atau komunitas, Sedangkan leader atau pemimpin adalah bentuk dari pengakuan dan penghormatan atas peran’nya,

perbedaan-boss-dan-leader-03

Boss atau pimpinan tidak selalu menjadi pemimpin bagi bawahanya, Sebaliknya banyak pemimpin yang di hormati dan di hargai, tapi tidak punya jabatan dalam sebuah struktural.

Sebagian besar orang menganggap, ketika seseorang menduduki  jabatan yang tinggi di sebuah perusahaan atau di pemerintahan mereka telah menjadi pemimpin atau leader, padahal tidak selamanya demikian.

Orang yang menduduki posisi puncak dalam suatu organisasi, memang menjadi “pimpinan” atau “Boss” bagi bawahanya, Mereka memang memiliki kekuasaan yang lebih besar dari bawahanya, tapi bukan berarti mereka menjadi seorang pemimpin. Pemimpin adalah mereka yang membimbing atau mengarahkan kita kepada jalan yang baik, atau pencapaian yang lebih baik.

Dunia akan jauh lebih baik jika para “Pimpinan” berfungsi dengan baik sebagai “pemimpin” bukan BOSS!!! Tapi untuk mencapai peringkat boss, tidak sedikit orang yang menggunakan cara-cara licik. misalnya dengan menjatuhkan Rekan kerjanya. Begitu dia sudah menjadi Boss,apakah sudah selesai dan dia menang? jawabanya tentu saja tidak, justru dengan adanya seorang Boss dalam perusahaan, ketidaknyamanan akan terjadi karena mereka akan bekerja dalam tekanan.

Perbedaan Pimpinan dan Pemimpin

perbedaan-boss-dan-leader-02

Meskimun dalam artian Boss (Pimpinan) dan Leader (Pemimpin) itu memiliki sebuah arti yang sama, Tetapi dalam prakteknya Boss (Pimpinan) dan Leader (Pemimpin) ini memiliki sifat yang sangat berbeda. Yuk kita lihat satu persatu perbedaanya  :

Bos lebih memiliki karakter sebagai tukang “Perintah” pada bawahan untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan Pemimpin akan bertanya pada bawahan cara terbaik supaya cepat meraih tujuan yang ingin di capai bersama

Kebanyakan Karakter seorang boss lebih sering mengintimidasi sehingga membuat bawahan mereka merasa tertekan. Sedangkan seorang Leader (Pemimpin) akan memberikan Motivasi dan Kepercayaan pada bawahanya dan tidak akan menyalahkan siapapun saat terjadi kesalahan. “Karena Orang Hebat Tidak Menyalahkan Orang Lain Atas Kegagalan Yang Mereka Alami”

Seorang Bos memiliki karakter ego yang tinggi. Jika mendapatkan sebuah prestasi hanya akan berkata “AKU dan AKU”. Sedangkan seorang Leader akan selalu berkata “KAMI”, karena seorang leader mempunyai pandangan bahwa prestasi tersebut bisa dicapai dengan kerjasama tim, bukannya karena kemampuannya sendiri.

Boss akan lebih sering memanfaatkan bawahannya untuk mencapai target atau tujuan tanpa pandang bulu. Sedangkan seorang Leader akan memberdayakan dan mengajarkan ilmu yang dipunyai dan akan senang jika berhasil memberdayakan orang lain.

Seorang Boss akan menyalahkan orang lain atau bawahan jika melakukan kesalahan. Bahkan kadang kesalahan Boss akan ditimpakan ke bawahan supaya tidak membuat buruk citranya. Sedangkan Leader akan meperbaiki dan membesarkan hati jika ada orang disekitarnya mengalami kegagalan Dan memberikan Cara lain untuk mengatasi Kegagalan itu. Karena seorang leader sejati tidak akan menyalahkan orang orang disekitarnya.

Seorang Bos  hanya akan menjadi orang yang pandai memerintah saja tanpa memberikan contoh yang baik. Sedangkan seorang Leader sejati yang akan memberikan contoh sebelum memerintahkan.

Bos akan selalu memuji dan mengunggulkan namanya, Atas segala karya atau keberhasilan yang di raih karyawanya dan menganggap itu adalah keberhasilan yang ia buat sendiri. Leader akan selalu menghargai prestasi orang lain dan akan selalu mensupport tanpa mengatasnamakan diri sendiri.

Seoarang Bos hanya akan Menyuruh dan memerintah sedangkan Karakter Pemimpin Akan mengajak dan Melakukan Bersama.

Boss mengatakan saya, pemimpin mengatakan Kita. Ini sangat umum terjadi. Manakalah Anda bekerja di suatu perusahaan dan menjadi seorang bawahan, maka bos di perusahaan tersebut akan mengatakan “Saya”. Saya perintahkan, ini urusan Saya, Saya bos di sini, Saya yang berhak ini dan itu serta sifat-sfat diktator lainnya. Di sisi lain seorang leader selalu mengatakan Kita. Kita berhasil, ini tugas Kita bersama, Kita harus menyelesaikannya sekarang dan kata-kata lainnya yang begitu sangat kekeluargaan karena memang pemimpin tidak memiliki karyawan, melainkan tim.

Boss menggunakan manusia, pemimpin mengembangkannya Boss hanya ingin mengetahui bahwa karyawan-karyawannya ahli dalam bidangnya, dapat mengerjakan semua yang diperintahkan dan mendaptkan goal dari tujuannya. Berbeda dengan pemimpin, yang mana seorang pemimpin atau leader selalu memikirkan timnya. Dia lebih peduli bagaimana timnya tersebut berkembang bersamanya.

Bos memberikan rasa takut, pemimpin mendapat rasa hormat. Tidak semua, namun pada umumnya bos lebih banyak ditakuti dibandingkan dihormati. Kebanyakan karyawan melakukan tugasnya hanya karena gaji atau takut dimarahi oleh sang bos. Berbeda dengan leader, Mereka dihormati. Bawahan dari pemimpin tidak merasa takut. Mereka bekerja untuk menghormati pemiminnya tersebut.

Bos mengambil penghargaan, pemimpin memberikan. Perbedaan lainnya antara bos dan pemimpin adalah mengenai penghargan. Jika seorang bos hanya bisa mengambil penghargaan yang dihasilkan oleh karyawannya, maka seorang pemimpin berlaku sebaliknya. Dia akan memberikan reward kepada bawahannya yang telah berhasil.

perbedaan-boss-dan-leader-01

Boss micromanages, pemimpin delegates. Micromanages maksudnya mengatur dalam skala kecil. Bos selalu mengatur karyawannya di lingkungannya. Berbeda dengan pemimpin yang memberikan ruang bagi bawahannya atau mendelegasi timnya agar berkembang.

Boss memerintah, pemimpin memimpin. Perbedaan antara boss dan leader yang paling mencolok adalah cara Mereka memberi tugas. Jika bos memberi tugas dengan memerintah tanpa dirinya sendiri ikut melakukan, maka pemimpin berbeda. Pemimpin mengatakan “let’s go”, maksudnya ayo bekerja bersama.

Bos fokus pada proses, pemimpin fokus pada sumber daya manusia. Tidak peduli bagaimana karyawannya, bos tetap akan memerintahkan Mereka. Apa yang bos inginkan dari suatu proses haruslah berhasil dilakukan oleh karyawannya. Berbeda dengan seorng leader, yang mana Mereka fokus pada timnya. Melihat bagaimana perkembangan timnya, mengetahui masalah yang sedang dihadapi dan menyelesaikannya bersama-sama.

Bos mengatakan dirinya atasan, pemimpin mengatakan dirinya kolega. Ciri lainnya yang membedakan antara bos dan pemimpin adalah cara pandang Mereka terhadap diri sendiri. Bos akan mengatakan dirinya bos (atasan) dan karyawannya adalah bawahan yang harus menuruti perintahnya. Berbeda dengan pemimpin, Mereka merasa bahwa bawahannya adalah timnya dan teman kerjanya.

Bos berpikir pendek, pemimpin berpikir panjang. Pemimpin memiliki mimpi bersama timnya. Itu mengapa seorang pemimpin akan berpikir panjang. Berbeda dengan bos, yang Mereka lebih berfokus pada hasil saat ini. Tujuan-tujuan jangka pendek lebih Mereka fokuskan.

Perbedaan antara Pimpinan dengan Pemimpin

Demikianlah sekilas mengenai gambaran perbedaan antara pimpinan dengan pemimpin. Apabila Anda ada pada posisi tersebut silahkan menilai diri Anda sendiri, Pilihan terbaik adalah manjadi yang terbaik sesuai lingkungan yang membutuhkan. Ada kalanya boss diperlukan di lingkungan tertentu yang tidak kondusif dan tidak terkendali sehingga perlu pembentukan dan perubahan tetapi pada saat kondisi sudah berubah kondusif tentunya seorang leader / pemimpin lebih dibutuhkan untuk membangun tim, jika tidak maka seorang boss justru akan merusak dan menghambat perkembangan dan kemajuan perusahaan.