Persiapan Dasar Berbisnis Online

Persiapan Dasar Berbisnis Online

langkah-persiapan-bisnis-online

Memperhatikan 5 step sukses :

  1. kredibilitas, adalah kesan pertama yang akan kita buat pada website secara online melalui blog, sosial media, buat sebaik mungkin kesan pertama seolah-olah tidak ada lagi kesempatan kedua untuk menampilkan kesan pertama Anda, karena membangun kepercayaan adalah keharusan sebuah bisnis internet.
  2. Useability, adalah bagaimana orang-orang menerima manfaat dari marketing online. Sebuah website harus lah user friendly, memiliki design yang professional, menu navigasi yang jelas, terdapat call to action, email, konten yang berkwalitas dan memiliki kaitan dengan sosial media.
  3. Visibility, adalah hal yang kritis dalam membangun online marketing, kita bisa saja menjual barang-barang bagus dan berkwalitas tapi kalau tidak terlihat dan diketahui oleh pembeli apalah gunanya. Visibility bisa didapatkan dengan beberapa chanel pemasaran seperti advertising, natural search, sosial media marketing, online PR atau email marketing.
  4. Sellability, adalah bagaimana Anda menampilkan, mengatakan dan menjual produk Anda memiliki nilai guna dan pelayanan. Orang-orang perlu tau kenapa dan apa yang Anda sedang kerjakan dan tawarkan. Berbicara mengenai sellability berarti juga Anda bertugas untuk melakukan edukasi mengenai nilai-nilai perusahaan atau produk Anda melalui profile produk dan testimoni para pemakainya.
  5. Scalability, online marketing adalah sebuah usaha panjang yang akan selalu meningkat dari waktu ke waktu. Oleh karenanya merencanakan langkah-langkah yang matang mengenai kredibilitas, useablity, visibilitas, dan sellability perlu dilakukan terus menerus dan dievaluasi dan disempurnakan agar usaha online terus berkembang sepangjang masa.

Target Market :

Pertama kali yang harus dilakukan adalah menetapkan target pasar Anda, tentukanlah target pasar Anda agar pekerjaan menjadi terfokus dan biaya-biaya yang dikeluarkan menjadi lebih efektif.

Melakukan Pengukuran :

Create, execute and monitoring
Brand Credibility, Goals, PR Interest
Leads/Inquiries, EMail Signups, Traffic, Sales

Kalau anda bisa mengukur maka Anda bisa mengatur, gunakan tools seperti google analitycs untuk membantu melihat dan memonitor nilai trafik website Anda. Selalu lakukan pengukuran agar Anda mengerti bagaimana kondisi bisnis online yang sedang dikembangkan dan hasil pengukuran dapat dibuat acuan strategi yang terkait juga dengan anggaran biaya yang akan digunakan seperti untuk pemasangan iklan.