Persiapan Membangun Sebuah Website

Persiapan Membangun Sebuah Website

persiapan-membangun-sebuah-website

Siapa yang Akan Membuat Website

Dalam membangun sebuah website dapat dilakukan oleh kita sendiri atau dibantu oleh orang yang sudah professional. Hal ini pastilah yang selalu dihadapi oleh pemilik sebuah website pertama kali. Tidak ada pilihan yang benar atau salah kedua nya dapat dilakukan tetapi harus melihat pada kondisi nya. Ada tiga hal penting yang perlu diperhatikan sebelum kita memutuskan :

  • Waktu, dalam membangun sebuah website mirip seperti membangun sebuah rumah. Memiliki kemampuan untuk membuat website dengan memiliki waktu untuk membuat website adalah dua hal yang berbeda. Jadi cobalah untuk lebih realistis terhadap keadaan kita. Dan walaupun kita meyewa tenaga ahli untuk membangun website kita, tetaplah sisihkan waktu untuk melakukan pengaturan website kita. Hal-hal seperti artikel yang akan diisi, revisi terhadap disain, dan pengaturan komponen-komponen seperti foto dan video.
  • Uang, adalah budget khusus untuk menyewa seorang ahli, jika memang tidak ada budget yang khusus untuk itu, inilah saat nya kita membuat sendiri dan bolehlah dibantu oleh seorang desain grafis agar pekerjaannya lebih mudah dan originalitas ide dapat terpenuhi.
  • Keahlian, jika kita memiliki seorang ahli yang akan membantu kita membangun website alangkah baik sekali, tetapi jika tidak maka menyewa seorang ahli dapat dilakukan setelah kita menetapkan kapan dan dengan batas biaya tertentu. Tidak semua orang ahli ternyata cocok dengan apa yang akan kita ingin bangun bersama, untuk itu cobalah untuk lebih teliti dengan melihat dulu portofolio sang desainer dan wep programmer.

Menentukan Platform

platform-website

Platform adalah landasan sebuah webiste, seperti dreamweaver ataukah menggunakan CMS seperti WordPress dan lainnya. Jika kita memerlukan situs yang ingin kita modifikasi sendiri di kemudian hari maka sebaiknya kita menggunakan platform seperti wordpress (CMS) sehingga nantinya kita dapat melakukan penambahan artikel dan gambar serta halaman statis sendiri.

Memilih Nama Domain

domain-name

Nama Domain merupakan hal dasar yang perlu dan harus ada baik untuk website yang akan dibuat maupun untuk pengembangan website yang berhubungan. Kita memeilih nama domain untuk memproteksi ide merek (brand), Search Engine Optimization (SEO) dan untuk Online Marketing Campain. Ada baiknya untuk melindungi kepemilikan domain .com , kita memiliki domain lain dengan ekstensi berbeda seperti .net .info .biz. Jika kita memiliki nama perusahaan atau nama domain yang panjang kita dapat menambahkan alamat domain lain yang lebih ringkas dan mudah di ingat untuk di link kan dengan domain utama. Nantinya akan mempermudah kita untuk digunakan pada kartu nama atau hal-hal formal lain diluar website.

Menetapkan Jenis Hosting

hosting-type

Dalam memilih hosting yang perlu diperhatikan adalah besarnya kapasitas yang akan disewa, semakin bersar kapasitas hosting maka harganya akan semakin tinggi. Jadi jika kita membangun sebuah website yang tidak terlalu membutuhkan gambar beresolusi tinggi maka gunakan saja pilihan paket hosting yang sedang, jika kita adalah pemula dan berniat untuk belajar maka gunakanlah paket hosting personal yang paling dasar nanti pada saat dibutuhkan dapat diupgrade sesuai kebutuhan.

Maintenance

maintaining-website

Sebuah website tidak akan berkembang atau berjalan dengan sendirinya dalam pengembangan teknik dan teknologi nya, kita harus melakukan maintenance dan alangkah baiknya jika kita membuat daftar maintenance agar dapat mempermudah kita dalam mengingat apa saja yang perlu dilakukan dengan mudah. Catat alamat domain, user name dan password cpanel dari domain dari penyedia layanan, catat kapan waktu kontraknya berakhir, catatan tentang hosting, email dan kontak person hoster, user name dan password untuk ftp akses, bagaimana email sistem login nya, mengakses file, jika kita sudah menginstall wordpress catat juga database name, user name dan password wordpress nya. Terakhir yang juga penting catat data login ke sosial media yang terkait, dan website analytics login.

Mobile Website

mobile-website

Penting dalam memilih template teknologi yang mendukung mobile website, karena saat ini banyak orang lebih suka mengakses website dimana saja menggunakan smartphone atau tablet selain menggunakan PC atau Notebook yang hanya dilakukan pada saat mereka duduk disuatu tempat. Penggunaan smartphone lebih fleksible dan tidak terbatas waktu dan tempat serta kondisi. Jika pilihan ini dapat digunakan maka kita akan memiliki peluang lebih dalam memenangkan kepuasan para pembaca websitenya.