Tips Memilih Nama Domain

Kali ini yuk kita bahas tips memilih nama domain. Sebelumnya sudah tahukah apa itu domain dan hosting ?

nama-domain

Domain adalah nama website kita. Kita perlu memesan nama untuk website kita karena peraturannya tidak boleh ada satu website pun yg sama namanya dengan website orang lain.

Hosting adalah perusahan penyedia ruangan atau space untuk website kita. Supaya website kita bisa dikunjungi orang, maka website tersebut harus mempunyai ruangan dagang.

Agar Website kita bisa Online, kita butuh 2 media pendukung :

  • Domain dan Hosting, harus menggunakan jasa pihak ke 3 dengan biaya rutin tahunan.
  • Program upload file website, bisa menggunakan FileZilla (tidak dipungut biaya).
  • Jika website sudah onlinekan, berarti anda boleh merasa sudah punya sebuah Ruko dan Toko dagang.
  • Dengan Modal relatif kecilkita sudah punya “Perangkat Bisnis” yg sangat memadai.
  • Jika Website kita sudah bisa dilihat Orang  se-Indonesia, maka bolehlah merasa sudah punya Perusahaan Besar…!  (“Berfikirlah besar terhadap Bisnis kita, ini akan menentukan Kebesaran Bisnis kita sesungguhnya”)
  • Karena Anda sudah punya “Perangkat Bisnis” yg Sangat memadai…!
  • Anda tidak perlu mengurus Surat ijin usaha, NPWP, SIUP, TDP, dan lain sebagainya.
  • Website Anda bisa diakses orang lain dari tempat manapun di muka bumi sepanjang ada sambungan internet.

    Inilah yg Menyebabkan Pangsa pasar di internet itu ribuan kali lipat dibanding pasar offline, karena jumlah manusia Indonesia yg online Saat di atas 46 juta orang. Kalo di dunia di atas 1 Milyar orang.

    Ada 2 Tujuan Strategi Memilih Nama Domain:

    1. Memilih Domain untuk Branding (penciptaan merek, menciptakan nama).
    2. Memilih Domain untuk Memanfaatkan Kata Kunci yg Laris.

    Jika untuk tujuan Branding, maka tidak perlu memakai kata kunci pada nama domain. Misal : Arclas24.com, syahrial.web.id, Detik.com, Kompas.com, dll.

    Namun kata kunci tetap diletakkan di dalam website untuk kepentingan SEO (agar tampil di halaman pertama Google). Atau untuk kepentingan iklan PPC.

    Jika untuk tujuan untuk Memanfaatkan Kata Kunci yg Laris, maka perlu memakai kata kunci pada nama domain. Misal : taslaptopmurahunik.com, belajarwebsitepemula, rumahku.web.id, dan lainnya.

    Kata kunci tetap diletakkan di dalam website untuk kepentingan SEO (agar tampil di halaman pertama Google). Atau untuk kepentingan iklan PPC.

    Usahakan nama domain sesingkat mungkin : bisa 1 kata, 2 kata, atau masimal 3 kata. Pilih akhiran .com untuk Bisnis karena lebih mudah diingat orang

    Sekarang Coba Anda pikirkan apa yg bagus buat Nama Website Anda (domain). Gunakan 2 tujuan tadi : untuk Branding atau untuk memanfaatkan Keyword yg laris.