Tips Menjadi Pria Gentleman

Tips Menjadi Pria Gentleman

pria-gentlemanSeorang pria dewasa yang telah melalui masalah-masalah dan rintangan-rintangan dalam kehidupannya akan terbentuk menjadi seorang dengan kepribadian yang khas dan unik. Seorang pria dewasa biasa nya dimulai dari usia fisik 30 tahun tetapi secara mental seorang pria akan memulai kematangan fikiran dan mentalnya di usia 40 tahun.

Perlu Anda ketahui, menjadi seorang gentleman bukanlah kata-kata basi yang artinya sudah ‘mati’. Gentleman bukan pula sebuah kata klise yang tidak lagi berguna di era ini. Melainkan, menjadi seorang gentleman adalah gaya hidup.

Ya, tidak semua pria hidup sebagai gentleman, memang. Apalagi karena itu bukanlah gaya hidupnya sebagai pria.

Menjadi seorang gentleman mencakup dan dicakup oleh satu hal; respect. Respect terhadap diri Anda sendiri, respect terhadap orang-orang di sekitar, dan respect terhadap hal-hal di sekeliling. Meski memang jati diri sebagai seorang gentleman tidak akan datang dalam sehari, paling tidak Anda bisa mempelajarinya mulai dari sekarang.

Jadikanlah hidup sebagai seorang pria gentleman sebagai sebuah gaya hidup, jati diri, dan kebiasaan yang Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut 12 tips untuk memulai hidup sebagai seorang gentleman:

Tips Menjadi Pria Gentleman

1. Tentukan Style Pribadi

Ketika kita mendengar kata “gentleman” dan memikirkannya dari sudut pandang style, yang terpikir mungkin adalah jas, sepatu yang disemir mengkilap, dasi, kemeja, dan sebagainya yang berbau formal. engertian gentleman tidaklah sedangkal itu. Being a Gentleman is all about how to carry yourself with respect and attitude.

Dalam segi style, tentukanlah style pribadi Anda yang benar-benar menggambarkan jati diri Anda sebagai seorang pria. Anda tidak perlu menggunakan jas setiap waktu jika Anda tidak menyukainya. Tentukan style pribadi Anda yang memang sesuai dengan diri Anda, terutama yang sesuai dengan selera Anda. Tidak perlu mengikut tren fashion terkini hanya untuk dibilang keren jika memang tak cocok dengan diri dan selera Anda.

2. Tetap Bersih dan Rapi Setiap Waktu

Gentleman sejati tentu selalu tahu bagaimana caranya merawat diri terutama dari segi kebersihan dan berpenampilan. Luangkanlah waktu lebih untuk menjaga kebersihan diri dan penampilan. Rajinlah mandi, mencukur, gunting kuku, dan gunakan parfum yang sesuai dengan selera Anda. Rapikan rambut dan siaplah tampil ke publik sebagai diri Anda sendiri.

Wanita memang memiliki kecenderungan untuk menyukai pria yang sedikit berantakan, namun berantakan di sini maksudnya adalah berantakan yang terkontrol. Maksudnya, wajar saja jika Anda sedikit berantakan karena Anda adalah seorang pria. Pria pada dasarnya cenderung melewatkan hal-hal yang sangat detil tentang kerapian.

Anda tidak perlu tampil terlalu rapi jika memang momennya tidak tempat. Minimal, jagalah diri agar tetap bersih dan wangi. Wanita tidak suka berada di dekat pria yang bau.

3. Dewasa

Dewasa dilihat dari cara berpikir dan bertingkah laku, bukan umur. Persiapkanlah diri Anda untuk menjadi sosok yang dewasa. Tak masalah jika Anda memang memiliki sifat humoris dan sering melakukan hal-hal konyol ketika sedang berada bersama teman-teman. Namun pahamilah situasi.

Jika Anda dituntut untuk serius maka seriuslah. Ada kalanya pemikiran Anda dibutuhkan dalam suatu masalah yang menunggu untuk dipecahkan, sehingga berpikirlah dewasa demi membantu memecahkan masalah tersebut.

4. Tata Krama Dalam Berbahasa

Kurangi bahkan hilangkanlah kebiasaan yang sering menyumpahi, berbicara kotor, menghina, mencaci maki, dan bahasa-bahasa lainnya yang memang tidak seharusnya keluar dari mulut Anda. Pria gentleman tahu bagaimana ia seharusnya berbicara dengan tata krama. Bahkan ketika bersama teman-teman, memang Anda merasa bebas dan nyaman untuk berbicara apapun, namun jika bisa kurangilah kebiasaan itu.

Kebiasaan berbicara kotor mungkin saja terbawa ketika bertemu dengan orang lain atau berada di tempat-tempat umum. Untuk itu jagalah selalu tata kerama dalam berbahasa mulai dari lingkungan pertemanan Anda, dan Anda pasti akan terbiasa berbicara menggunakan tata krama di mana pun kemudian.

5. Bergaul

Percayalah, ada banyak sekali sifat dan karakteristik orang di luar sana. Jika Anda bergaul dengan banyak orang, terutama bergaul dengan baik, Anda pasti terkejut karena mereka memiliki karakteristik yang sangat beragam jika Anda mengenal mereka lebih dekat.

Untuk memulai menjadi seorang gentleman, tidak ada salahnya jika Anda menegur seorang stranger terlebih dahulu. Sekedar say ‘hi’ bisa membawa Anda ke pertemanan dengannya, yang mungkin bisa menjadi aset bagi Anda ketika membutuhkan pekerjaan, misalnya.

Hargailah siapapun yang ada di dekat Anda, buatlah kontak mata ketika bertemu dan berbicara, buka diri Anda agar lebih mudah didekati, jadilah pendengar yang baik, tanyakanlah jati dirinya agar Anda semakin mengenalnya, dan berikanlah bantuan jika Anda memang mampu.

6. Tentukan Tujuan Anda

Dalam hidup, ada hal-hal yang lebih sederhana ketimbang kesuksesan yang ingin kita raih. Selain rumah mewah dan harta yang berlimpah, apa lagi tujuan Anda? Apa yang Anda senangi?

Menentukan tujuan, meskipun tujuan kecil, akan menjadikan Anda lebih fokus dalam menjalani hidup. Anda juga lebih gampang menyerap ide dan melakukan apa yang perlu dilakukan.

7. Ketahuilah Apa yang Anda Inginkan dengan Jelas

Berbeda dengan wanita yang selalu sulit menentukan apa yang ia inginkan, Anda haruslah selalu tahu apa yang Anda inginkan, dengan jelas. Belajarlah untuk mengatakan ‘tidak’ jika di dalam diri Anda memang lebih cenderung untuk ‘tidak’, jangan biarkan diri dipaksakan untuk melakukan sesuatu yang tidak ingin Anda lakukan.

Katakanlah apa yang Anda inginkan dan harapkan kepada diri Anda sendiri, dan tegaskan ke luar diri dalam bentuk opini. Pria sejati pasti mengetahui apa yang ia inginkan, dengan jelas. Tinggalkan jauh-jauh sifat dan sikap plin-plan.

8. Tahu Bersikap di Tempat Umum

Sendawa atau kentut di tempat-tempat umum sangat tidak oke! Selain membuat orang jijik dan geram, itu juga menunjukkan bahwa Anda orang yang tidak sopan dan tidak tahu tata krama.

Menahan pintu untuk orang lain misalnya di Supermarket atau ATM bisa menjadi salah satu langkah pembuka. Anda juga bisa membukakan pintu bagi orang lain, misalnya membukakan pintu Supermarket untuk seorang nenek berusia 70 tahun.

Ketahuilah cara bersikap yang baik di tempat-tempat umum. Ini harus bisa menjadi gaya hidup atau kebiasaan, murni kesadaran sendiri, bukan sesuatu yang Anda paksakan agar mencari perhatian orang lain atau agar dianggap gentleman.

9. Selalu Tepati Janji

Jalan lain untuk menjadi seorang gentleman adalah dengan selalu menepati janji. Apa yang sudah dijanjikan haruslah ditepati, bukan diingkari. Anda harus memegang teguh kata-kata yang sudah Anda ucapkan. Hargailah waktu orang dan ekspektasi orang ketika Anda sudah mengucapkan janji kepada mereka.

Jika Anda sudah membuat janji untuk bertemu seseorang jam 10, datanglah jam 10, jangan terlambat. Hargai waktu orang lain dan kata-kata Anda. Jika Anda berjanji akan membantu mereka, maka bantulah mereka. Hal ini tidak hanya akan membangun rasa percaya orang lain terhadap Anda, namun Anda juga akan memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

10. Balas Budi

Orang tidak selalu pamrih setelah mereka membantu Anda. Namun dari dalam diri Anda sendiri, ingatlah selalu bantuan mereka terhadap Anda. Tidak peduli besar-kecilnya bantuan mereka terhadap Anda tetaplah sesuatu yang menolong Anda keluar dari berbagai situasi.

Selalulah berusaha untuk balas budi. Tidak peduli seberapa besar bantuan Anda tetaplah akan dihargai orang lain yang membutuhkannya. Ambil inisiatif, bantulah ia meski tidak diminta. Tahulah balas budi.

11. Jaga Kerapian

Berbeda dari segi penampilan, di sini maksudnya adalah kerapian dari kegiatan Anda. Seorang pria yang menjaga kerapian kamar, meja kerja, hingga tempat tinggalnya memiliki nilai plus sehingga patut disebut seorang gentleman.

Sebab, tak seorang pria bisa menjaga kerapian dari segala sesuatu yang menjadi bagian dari kegiatannya sehari-hari. Di kantor, misalnya, tidak ada salahnya jika Anda merapikan meja kerja Anda sendiri saat hendak pulang daripada menunggu office boy merapikannya untuk Anda.

Ini juga bisa membuat Anda dipandang sebagai seorang yang bertanggung jawab, dan membuat orang kagum dengan kepribadian Anda.

12. Jadilah Diri Sendiri

Poin yang terakhir dan yang paling pasti adalah, jadilah diri sendiri. Sama seperti gentlemen, frase ini sebetulnya sangat umum dan kedengaran sangat klise sehingga Anda sudah sangat bosan dengannya.

Menjadi pria gentleman tak butuh paksaan. Anda tidak harus melakukan segala sesuatu yang tidak Anda kehendaki semata-mata hanya agar disebut sebagai seorang gentleman. [/sociallocker]

Tahulah bersikap, lakukan segala sesuatu dengan respect sebagai pegangan, tahulah membawa diri, dan jadilah diri sendiri.

Tips Menjadi Pria Gentleman